Cari Blog Ini

Senin, 05 September 2016

TUGAS I MATA KULIAH PENGANTAR MANAJEMEN DAN BISNIS

Dosen: Ratna Mutu Manikam, S.Kom, MT
Jam: 16:00
Nama: Liana Rahmadani
NIM: 41816010037


Profesi yang Terdapat di Dalam Sistem Informasi
Sistem informasi adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara berfikir sistem, bagaimana menganalisis suatu masalah dan yang terpenting yaitu bagaimana menerapkan teknologi informasi dalam suatu organisasi khususnya perusahaan agar tercapai tujuannya. Dalam teori sistem informasi diartikan sebagai sekumpulan hardware, software, brainware dan aturan yang diorganisasikan untuk memproses, menganalisis, menyimpan, mengumpulkan dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu.

  A. Kelompok I: mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi.



   1. Sistem Analis
        Orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan (melaksanakan), mulai dari     menganalisa sistem yang ada, kelebihan dan  kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain         sistem yang akan dikembangkan.                                                     
·        
        2. Programmer
    Merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis, yaitu membuat  program (baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya.                                                                                                                                             
·             3. Web Designer
     Merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.              
  
      4. ERP (Enterprise Resource Planning) Specialist   
     Profesi ini bertanggung jawab dalam hal penyesuaian integrasi paket perangkat lunak ERP pada      proses bisnis organisasi/perusahaan. Sebuah perangkat lunak ERP yang suda dibeli oleh perusahaan  atau organisasi belum tentu dan sinkron dengan proses bisnis organisasi/perusahaan tersebut. Perlu  adanya penyesuaian dan modifikasi serta konfigurasi dari paket ERP agar bisa sesuai dengan proses  bisnis organisasi/perusahaan.

·         5.  Web Programmer
    Merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat    program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.
·        
      6. Business Analyst
    Profesi ini bertanggung jawab dalam menganalisa dan merancang proses bisnis organisasi secara  elektronik dalam rangka untuk peningkatan sebuah layanan dan efisiensi. Dalam hal ini pengetahuan  yang harus dimiliki E-Business Analyst seperti mahir dalam bidang arsitektur enterprise, strategi  manajemen dan akuisisi Sistem Informasi, serta manajemen proyek Teknologi Informasi.

       B. Kelompok II: Mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware)

     networking engineer

·         
       1. Technical Engineer 
      Sering juga disebut teknisi, yaitu orang  yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik  pemeliharaan  maupun perbaikan perangkat  sistem computer.                                                
·      
             2. Networking Engineer
     Adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai  troubleshooting-nya.

   c. Kelompok III: Mereka yang bergelut di dalam bidang oprasional sistem informasi.



System Administrator

·            

       1. EDP (Elecetronic Data Processing) Operator
   Adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan   electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.                                                                                                                                   
·          2. Sistem Administrator
       Merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem, memiliki  kewenangan        menggunakan hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan  peraturan           operasional sebuah sistem.

·            3. Database Administrator
    Orang yang bertanggung jawab untuk administrasi dan pemeliharaan teknis yang menyangkut    perusahaan dalam pembagian sistem database.
·       
               4.  IT Administrator
     Menyediakan implementasi & administrasi yang meliputi Local Area Network (LAN), Wide Area  Network (WAN) dan koneksi dial-up.
·         
       5. Helpdesk Analyst
      Orang yang bertugas me-"remote" permasalahan troubleshoot melalui email atau telepon dengan cara mengambil-alih kendali para pemakai via LAN/WAN koneksi. Juga betanggung jawab dalam perencanaan, mengkoordinir dan mendukung proses bisnis, sistem & end-users dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.
·         
      6. Network Administrator
   Profesi ini bertanggung jawab dalam pengelolaan jaringan TI organisasi seperti LAN dan WAN. Network administrator juga mempunyai tugas memastikan bahwa jaringan berjalan dengan baik.
·        
       7. IT Architect
     Profesi ini mempunyai tugas dalam merancang arsitektur TI organisasi. Perancangan ini meliputi     perancangan arsitektur aplikasi, data serta infrastruktur, dan tentunya harus selaras dengan asrsitektur bisnis organisasi/perusahaan.
·         
       8. IT Asset Officer 
    Profesi bertanggung jawab untuk pengelolaan asset TI. Aset Teknologi Informasi. Aset TI yang dimiliki oleh organisasi/perusahaan akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya organisasi/perusahaan. Agar asset tersebut bisa dikelola dengan baik, dibutuhkan bantuan dari IT Asset Officer.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar